Jenis Baja Ringan Untuk Rangka Atap

Jenis Baja Ringan Untuk Rangka Atap

Ketika kita berbicara tentang rangka atap baja ringan, mereka banyak digunakan karena bentangnya yang panjang, ringan, kokoh dan kemampuannya untuk membawa beban berat. Berbagai jenis rangka baja juga bisa digunakan untuk konstruksi lainnya.

3 Jenis Baja Ringan Paling Populer

Anda sedang berencana membuat sebuah bangunan? Atau Anda sedang ingin membuat kanopi rumah? Bahkan furnitur dengan inovasi terbaru pengganti kayu dengan biaya rendah? Rangka paling kokoh yang akan Anda temukan adalah rangka atap baja ringan berkualitas. Dalam artikel dari jasa pemasangan baja ringan di Bogor ini, kita akan mengetahui jenis baja yang paling populer:

  1. Baja Ringan Kaso atau Trus

Trus memiliki 2 profil yaitu W dan C, ukuran profil W lebih besar dari C. Trus memiliki ketebalan sekitar 0,75 mm sampai 1,00 mm

Trus paling populer di kalangan bidang konstruksi. Memiliki komposisi utama zinc yang mempunyai sifat anti karat dan daya tahan trus bisa sampai puluhan tahun. Karena sifatnya tersebut, jenis satu ini cocok untuk konstruksi bangunan gedung atau perumahan.

  1. Baja Ringan Reng atau Profil W

Reng biasanya dipakai untuk penahan genteng atau seng, bentuknya seperti huruf W dan terbuat dari Zinc sehingga tahan karat. Keunggulan lainnya adalah tahan dengan kondisi cuaca di Indonesia.

Kini dengan adanya profil W, proses pembuatan bangunan menjadi sangat singkat. Jenis baja ringan ini memiliki bentuk yang menyerupai trapesium dan bentuknya yang tipis memiliki ketebalan sekitar 0,40 sampai 0,60 mm namun daya tahannya sangatlah kuat.

  1. Baja Ringan Taso

Taso mempunyai bentuk bidang menyerupai huruf A dan nampak luarnya menyerupai balok berukuran kecil yang berguna untuk mengikat profil B. Ukuran taso yang tipis yang memiliki dimensi taso sekitar 31 mm sampai 100 mm bisa menghasilkan desain bangunan yang modern.

Taso juga biasanya dipakai untuk memperkuat atau mengikat kuda-kuda dan taso juga bisa memperkuat kondisi gording, agar bisa meletakan permukaan atap dengan baik.

Itu dia jenis baja ringan yang bisa Anda jadikan referensi. Pilih jenis yang berkualitas baik dan sudah terdaftar SNI (Standar Nasional Indonesia).