Tips Jitu Cara Budidaya Kelinci Hias

Tips Jitu Cara Budidaya Kelinci Hias

Usaha budi daya kelinci hias merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki peluang yang cukup menjanjikan karena hingga saat ini kelinci masih menjadi hewan peliharaan yang paling diminati. Selain memiliki banyak peminat, usaha budi daya kelinci juga tergolong cukup mudah karena kelinci gampang dijinakkan, mudah beradaptasi, dan cepat berkembang biak. Lalu bagaimana cara budi daya kelinci hias yang baik dan benar agar usaha tetap berjalan lancar?

Sebelum mengetahui tips jitu cara budi daya kelinci hias, terlebih dahulu Anda wajib mengetahui tentang jenis kelinci hias. Kelinci hias terdiri dari beberapa jenis, seperti kelinci anggora, kelinci lop, kelinci german giant, kelinci flemish giant, kelinci rex, kelinci dutch, kelinci english spot, dan masih banyak jenis kelinci hias lainnya.

Untuk cara ternak atau budi daya kelinci hias sebenarnya hampir sama dengan kelinci potong. Namun, untuk kelinci hias harus diberi perhatian yang lebih khususnya untuk perawatan kesehatan dan bulu kelinci agar tetap terlihat bagus karena memang tujuannya adalah untuk dijadikan sebagai kelinci hias.

Nah, bagi anda yang sedang memulai usaha budi daya kelinci hias atau sedang memiliki rencana untuk membuka usaha budi daya kelinci, berikut ini beberapa cara budi daya kelinci hias yang wajib untuk Anda lakukan demi kelancaran dan kesuksesan usaha:

  • Persiapkan Lokasi dan Kandang

Kelinci termasuk hewan yang tidak menyukai keramaian, oleh karena itu pilihlah lokasi yang nyaman dan tenang dengan suasana yang sejuk. Untuk masalah kandang, usahakan untuk membuat kandang bersusun yang memiliki 2 tingkat.

  • Pemilihan Induk Kelinci

Agar mendapatkan induk kelinci hias yang bagus, maka pilihlah usia kelinci yang sudah matang dengan usia satu tahun. Pilih indukan yang sehat dan tidak memiliki cacat pada tubuhnya. Sebaiknya untuk memilih indukan sepasang sekaligus, yaitu jantan dan betina.

  • Masa Perkawinan

Di usia 6 – 9 bulan, merupakan tanda bahwa kelinci sudah dewasa dan siap untuk dikawinkan. Waktu yang baik untuk mengawinkan kelinci yaitu pada saat pagi hari dan malam hari dan dilakukan sampai 7 hari.

  • Masa Menyusui

Ketika kelinci sudah melahirkan anaknya, maka langkah selanjutnya adalah induk akan segera menyusui anaknya kurang lebih hingga 8 minggu, setelah 7 hari masa menyusui anak kelinci sudah bisa dipisahkan dari induknya dan siap untuk dijual jika sudah ada pembeli.

Nah, itu dia tips jitu bagi Anda yang ingin memulai usaha budidaya kelinci hias. Membudidayakan hewan ternak sebenarnya memiliki teknik yang sama, namun hanya berbeda untuk tujuannya saja. Jika hewan yang dibudidayakan ditujukan untuk hewan peliharaan, maka Anda wajib untuk selalu memperhatikan masalah kebersihan dan kesehatannya.